Kamis, 06 Januari 2011

"PROTEKSI SISTEM TI PADA UKM"

UKM Juga Butuh Proteksi Sistem TI

Tidak hanya enterprise, usaha kecil menengah (UKM) juga butuh perlindungan untuk sistem teknologi informasi (TI). Kejahatan di dunia maya tidak hanya mengincar perusahaan besar, mereka bisa masuk ke bagian yang kecil dimana pengguna komputer terkadang tidak sadar datanya telah dicuri atau sistemnya telah dimasuki oleh orang lain.

Eric Lam, Sales Director Enterprise Endpoint Security Group APJ Specialist Sales Symantec, mengatakan, serangan itu tidak hanya merusak sistem tetapi sampai pada pencurian data yang memiliki nilai ekonomis. Ini bisa digunakan sendiri, atau dijual ke pihak lain. “Ini akan sangat merugikan ketika data-data penting perusahaan bisa jatuh ke tangan kompetitor,” ujarnya

Kerugian dari pencurian atau kerusakan sistem biasanya kecil, tetapi jika itu terus dibiarkan dan menyebar akan menjadi suatu yang krusial. Penelitian yang dilakukan Symantec menunjukan 50% UKM telah kehilangan data pentingnya, dan sepertiganya mengatakan telah mengalami kerugian penjualan karena hal tersebut.

Menurut Eric, dampak lain yang dapat ditimbulkan yaitu berkaitan dengan reputasi brand perusahaan. Customer akan beralih ke perusahaan kompetitor ketika tahu sistem kemananan perusahaan anda punya reputasi buruk, misalnya perusahaan yang berkaitan dengan transaksi on line. Selain dari kepercayaan pelanggan, pastinya akan berakibat terhadap produktifitas.

Saat ini perangkat elektronik mudh digunakan kapan saja dan dimana saja. Ini menarik bagi end user, namun di sisi lain memiliki resiko lebih besar terhadap data yang dimiliki. “Threat sekarang tidak hanya pada perusahaan besar, tetapi bisa sampai ke personal karena mereka juga membawa informasi di device-nya,” ia mengungkapkan.

Salah satu komponen terpenting dalam perlindungan sistem TI perusahaan yaitu manajemen. Ini akan membantu sehingga proses bisa cepat dan mampu menekang biaya. Proteksi juga tidak dilakukan dari eksternal, tetapi justru yang lebih berbahaya yaitu dalam internal perusahaan itu sendiri karena mereka yang tahu banyak terhadap informasi perusahaan. “Kami memberikan solusi keamanan seca keseluruhan mulai dari end point (end user), server hingga gateway,” ujarnya.

Sumber : http://swa.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar