Kamis, 06 Januari 2011

"KELEMAHAN UKM, MASALAH PEMASARAN YANG TIDAK EFEKTIF"

Ketika berbicara mengenai UKM (Usaha Kredit Menengah), pasti bayangan kita adalah usaha kecil keluarga yang modalnya pas-pasan, susah mendapat kredit dari pihak bank karena tidak ada agunan yang mampu meyakinkan bank serta penjualan produk yang kadang sekedarnya saja (jika kita berbcara mengenai profesionalisme)..
Sebagian dari UKM memang berasal dari usaha keluarga yang kadang-kadang dikerja seadanya, tanpa berpikir untuk ekspansi keluar daerah syukur-syukur ke luar negeri (walau ada juga UKM yang sudah bisa go luar negeri)
Juga ada teknik-teknik pemasaran yang jangankan UKM, perusahaan menengah keatas juga mungkin belum menerapkan secara efektif…
Konsep pemasaran yang saya dapat dari buku”Bagaimana Memperbaiki Pemasaran Usaha Anda karya Irwan Dani cetakan Friedrich Elbert Stiftung ” adalah Ketahuilah Kebutuhan Calon Pembeli lalu ambil kebutuhannya, puaskan kebutuhannya dan jangan lupa ambil keuntungan!!!
Dan tentu saja, pemasaran tidak sama dengan penjualan… Banyak konsep-konsep pemasaran yang sederhana bahkan sangat sederhana yang dijelaskan di buku ini sudah mungkin anda terapkan bagi para pengusaha UKM..tapi ada juga sebagian yang mungkin terlewatkan oleh anda…
Dan tentu saja, tulisan ini mengajak kepada para pembaca untuk bisa membaca selengkapnya buku tersebut…Banyak hal yang bisa membuka cakrawala mengenai konsep berbisnis baik bagi anda yang memulai dengan dana pas-pasan..

Sumber : http://id.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar